5 Langkah Awal Menulis Artikel Yang Baik Pada Sebuah Blog

Posted by

Blogging atau membuat sebuah blog adalah merupakan suatu kegemaran yang sangat bermanfaat. Entah apa tujuan dan latar belakang seseorang membuat blog. Dari urusan hobby, kegemaran menulis atau ingin mencoba mengais rupiah lewat blog yang dibuatnya.


Apa pun tujuannya anda tetap harus memiliki komitmen terhadap kegiatan anda yang satu ini dengan berusaha membuat tulisan-tulisan yang berbobot. Anda harus yakin apa yang anda lakukan ini bermanfaat bagi anda dan orang lain tentunya.

Berikut ini beberapa tips dari saya bagi anda yang ingin menulis pada sebuah blog :

1. Percayalah bahwa menulis pada sebuah blog sangat bermanfaat bagi anda, terutama untuk meningkatkan kreativitas dan imajinasi anda dalam bidang tulis-menulis, serta meningkatkan rasa kebahasaannya. Anda tentu tidak ingin tulisan anda hanya menjadi sebuah ejekan semata bagi oara pembaca dan otomatis anda akan cukup serius untuk mengolah kata-kata dalam setiap postingan anda. Dalam sebuah buku berjudul "99 Ways Gets Kids to Love Reading" karya Merry Leonhart, dimana penulis mengatakan bahwa kebiasaan membaca dan menulisnya kembali akan meningkatkan rasa kebahasaan seseorang. Hal ini juga akan berpengaruh pada kualitas bicara seseorang.

2. Perbaiki dan evaluasi tulisan anda sekalipun anda menggunakan bahasa tidak baku agar setiap orang yang membaca tulisan anda tidak kebingungan dalam memahami kata demi kata yang anda tulis. Jika perlu gunakan buku EYD yang telah menjadi standar umum karena tulisan yang berbobot menggunakan standar-standar umum yang digunakan banyak orang.

3. Percayalah pada tulisan anda sendiri. Jika tulisan-tulisan di blog anda memang dikhususkan untuk memberikan informasi berupa pengetahuan pasti seperti ilmu agama, ilmu alam, dan semisalnya lebih baik anda meniru konten-konten dari orang lain kecuali anda memang expert dibidangnya. Akan tetapi milikilah gaya tulisan sendiri dengan menambahkan beberapa kata yang di kemudian hari menjadi ciri khas tulisan-tulisan anda terutama jika anda menulis uraian-uraian seperti yang sedang anda baca ini. Seperti Gus Dur atau tokoh-tokoh lain yang memiliki kalimat-kalimat khusus yang secara tidak langsung menjadi ciri khas mereka.

4. Tidak usah terlalu mempedulikan apakah tulisan anda akan populer atau tidak di blog. Pengunjung akan mengapresiasi tulisan anda jika memang berbobot.

5. Buatlah seakan-akan anda berbicara dua arah dengan pembaca.

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Share this article and get touch!

Demo Blog NJW V2 Updated at: 20.38

9 komentar:

  1. wah..... mksh yaa buad infonya
    bermanfaat buad saya....

    komment balik yaaaa
    follow n tker link jg yaaa

    BalasHapus
  2. ok.... makasi.....



    pasti bermanfaat ne...

    BalasHapus
  3. tipsnya boleh jga ni :)
    jgn lupa mampir ke eMingko Blog

    BalasHapus
  4. suka sama yang terakhir berbicara 2 arahh...top gan salam kenal ya... n numpang jadi follower ya^^

    BalasHapus
  5. yang penting percaya diri dulu, berusaha belajar`menulis content tidak copas sebab kalau terbiasa copas selamanya tidak akan bisa nulis

    BalasHapus
  6. gw suka banget sama Poin yang ke 4 bener banget tuh.. jadi jangan terlalu banyak berharap :)


    Ikutan Event Untuk Blogger Berhadiah Blakberry Playbook Berakhir 23 Desember 2011

    BalasHapus