Senin, 20 Februari 2012

Tips Memproteksi Email

Setelah lama ga ngeblog karena tidak adanya koneksi internet yang nyaman dirumah, kali ini saya akan berbagi tips untuk memproteksi email pribadi. Hampir setiap orang yang mengenal internet memiliki email dan hampir sebanyak itu pula yang menjadi 'korban' dari pengirim-pengirim spam ke kotak masuk email. Menurut sumber yang pernah saya baca 90% email yang masuk ke inbox email di seluruh dunia adalah spam alias email sampah.

Kebanyakan dari kita tidak menyadari betapa bahayanya menyerahkan id dan password kita kepada orang ketiga baik secara langsung maupun tidak langsung. Karena dari sinilah berawal pembobolan-pembobolan terhadap akun-akun kita yang lain seperti Paypal, FB, Twitter atau yang lain. Berikut tips untuk memproteksi email kita :

1. Buat password yang tidak berkaitan dengan diri sendiri seperti nama, tanggal lahir, plat nomor kendaraan, dll. Buatah password email serumit mungkin dan catat pada buku catatan pribadi bila perlu.

2. Buat password yang mudah diingat bagi anda tetapi tidak bagi orang lain.

3. Jangan berikan password kepada orang lain (kecuali sangat diperlukan) sekalipun kepada keluarga sendiri, (karena mungkin mereka bisa melakukan kecerobohan dengan tanpa disengaja).

4. Gunakan mode penjelajahan pribadi pada browser (Mozilla Firefox). Caranya begini, klik 'Tools' pada tab menu lalu pilih 'Start Private Browsing'. Hal ini berfungsi untuk me-logout secara otomatis semua akun yang anda buka ketika anda menutup mozilla, sehingga anda tidak perlu me-logout satu per satu akun-akun tadi.

5. Hati-hati ketika membuka email atau akun apapun di tempat keramaian seperti di hotspot area atau warnet.

6. Bedakan password untuk email dan akun-akun yang lain seperti FB, Twitter, Paypal dan lain-lain. Kecenderungan kita adalah memilih password yang sama untuk email dan akun-akun lain ketika mendaftar suatu situs. Hal ini mengandung resiko. Sebagai contoh misal password Facebook kita diketahui orang lain maka ia bisa juga masuk email kita, begitu juga Paypal atau Twitter kita karena password yang sama.

7. Hati-hati ketika mendaftar situs-situs yang menawarkan hal-hal yang tidak lazim, seperti MLM, dollar gratis, atau menawarkan domain gratis. Selain sering mendapat spam di inbox kita, ada bahaya lain yang harus kita waspadai. Contoh situs yang wajib kita waspadai semisal Wazzub yang menjanjikan dollar gratis. Pada beberapa waktu lampau ada situs serupa yang menyedot para pengguna internet untuk mendaftar dengan email dan password, dan pada akhirnya situs tersebut memanfaatkan email-email tersebut, parahnya kebanyakan orang yang mendaftar menggunakan password yang sama dengan password email, sehingga situs tersebut bebas masuk ke email orang-orang yang mendaftar. Jika sudah terlanjur mendaftar gantilah password anda.

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Thanks for visit. Silakan tinggalkan komentar.. :

2 komentar:

Adang Muhammad mengatakan...

sangat informatif tulisan anda..

salam kenal dan follow kembali
Revolusi Galau

Ismail Nur Hidayat mengatakan...

Salam kenal juga.

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes