3 Cara Sehat Menaikkan Berat Badan

Posted by

Dalam dunia medis dikenal istilah little fat man atau skinny fat, yaitu orang-orang yang bertubuh kurus tetapi memiliki perut buncit. Atau ada juga istilah ectomorph yaitu orang-orang yang susah menambah berat badan walaupun sudah banyak makan.


Mungkin kalau anda memiliki masalah seperti itu, tips-tips berikut bisa bermanfaat untuk anda.

Inilah 3 cara sehat menaikkan berat badan.

1. Push-up atau Olahraga Beban

Jika anda sudah banyak makan tetapi sulit gemuk, anda perlu melakukan olahraga beban atau biasa dikenal dengan istilah weight training. 

Bisa saja anda pergi ke gym, tetapi jika tidak banyak waktu luang yang anda miliki, olahraga push-up di rumah bisa menjadi solusi.

Mengapa push-up? Karena agar anda bisa menaikkan berat badan tetapi bentuk tubuh juga ideal, maka tubuh bagian ataslah yang harus diperbesar terlebih dahulu. Push-up sangat efektif.

Saya dulu cuma memiliki berat badan 53kg. Setelah rutin melakukan push-up saya bisa menaikkan berat badan hingga 7-8kg selama 6-12 bulan.

Lakukan push-up 50-100 kali sehari, dengan konfigurasi set 5X20 atau semampu anda.

2. Perbanyak Konsumsi Protein

Sumber protein yang paling mudah didapat adalah putih telur, tempe, dan tahu. 

Protein diperlukan untuk pembentukan otot. Tetapi jangan lupa konsumsi protein harus diimbangi dengan olahraga beban.

Atur konsumsi protein. Untuk telur misalnya, cukup 6 butir sehari. Jika terlalu banyak perut bisa bereaksi mual dan diare.

Tempe atau tahu rebus bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Jadi anda bisa makan 3 kali sehari.

3. Istirahat Yang Cukup

Olahraga atau aktivitas lain yang memerlukan energi besar memang dapat menyehatkan tubuh. Tetapi banyak ahli kesehatan menyarankan istirahat 2X24 jam untuk setiap jeda olahraga. Artinya cukup lakukan olahraga  3-4 kali seminggu.

Terlalu banyak olahraga beban, misalnya, akan membuat tubuh anda beresiko cidera atau kelelahan. Hal ini tentu saja akan mengganggu aktivitas harian anda. Penyerapan nutrisi tubuh juga tidak maksimal.

Share this article and get touch!

Demo Blog NJW V2 Updated at: 11.44

1 komentar: