Rabu, 31 Agustus 2011

Sejarah Teknik Mesin UNDIP

SEJARAH
Pada kurun waktu 1980-an, perkembangan idustri manufaktur termasuk industri berbasis teknik mesin berlangsung secara cepat.
Pada saat itu dalam rangka memenuhi kebutuhan tenaga teknik mesin, pemerintah telah mencanangkan Program Pendidikan Percepatan Insinyur, dimana salah satu jurusan yang dipercepat kelulusannya adalah Teknik Mesin. Perkembangan tersebut telah diantisipasi oleh Fakultas Teknik Universitas Diponegoro untuk mendirikan Jurusan Teknik Mesin dengan hadirnya Ir. Slamet Waluyo (Alm) sebagai Ketua Program Studi Teknik Mesin. Dengan persetujuan Rektor Universitas Diponegoro, waktu itu Prof. dr. Moeljono S. Trastotenojo pada bulan Juni 1983 dibuka Program Studi Teknik Mesin yang menjadi bagian lain dari Jurusan Teknik Kimia.

Pada kurun waktu awal berdirinya Program Studi Teknik Mesin, jumlah dosen tetap yang bergabung dengan bagian ini hanya 15 orang. Namun dengan bertambahnya waktu Program Studi Teknik Mesin telah meningkat kedudukannya menjadi jurusan Teknik Mesin sesuai dengan SK Dirjen Dikti No.78/DIKTI/Kep/ 1998. Dengan komposisi tenaga pengajar 7 orang bergelar Doktor, 8 calon Doktor, 17 dosen bergelar Master, 3 calon Master, serta hanya tinggal 1 dosen dari S1. Mahasiswa yang mendaftar hingga saat ini berjumlah 2000-an mahasiswa dengan jumlah lulusan 1300-an sarjana yang tersebar di berbagai instansi pemerintah, perguruan tinggi dan industri.

Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi manufaktur, maka Jurusan Teknik Mesin, Universitas Diponegoro dituntut untuk senantiasa menghasilkan lulusan yang mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan. Tantangan ini semakin berat dengan era globalisasi. Oleh karena itu Jurusan Teknik Mesin selalu berpegang teguh pada misi dan visi dalam menghadapi tantangan tersebut.

VISI DAN MISI JURUSAN

Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik UNDIP memiliki visi agar mampu berperan aktif dalam bidang Teknik Mesin yang inovatif, dinamis serta penggerak utama pada masyarakat lokal, Nasional serta Internasional.
Jurusan Teknik Mesin memiliki dedikasi yang tinggi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan berusaha keras meningkatkan komitmen yang meliputi pembelajaran mahasiswa serta penemuan baru dalam bidang penelitian, Inovatif serta bertanggung jawab secara sosial terhadap pengembangan teknologi, Memiliki tanggung jawab lingkungan serta penerapan etika keilmuan, Responsif terhadap perkembangan global, Saling menghormati dan menghargai setiap individu yang telah berperan aktif dalam sumbangan kepada masyarakat.

TUJUAN PENDIDIKAN

Sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan, Jurusan Teknik Mesin memiliki tujuan umum yaitu menghasilkan sarjana yang berkualitas serta mencapai program pendidikan terbaik dalam bidang :
- Pengajaran dan pembelajaran serta menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan praktis untuk masyarakat
- Melakukan penelitian dan transfer perkembangan teknologi dan secara aktif dan inovatif menjalin kerjasama dengan pemerintah, pasar, industri serta institusi maupun individual.
- Jiwa wirausaha baru dalam menghadapi pasar bebas.
- Untuk mencapai tujuan tersebut, Jurusan T. Mesin dari waktu ke waktu senantiasa :
1. meningkatkan kualitas proses belajar mengajar;
2. memperbarui kurikulum dan silabi agar sesuai dengan kebutuhan pasar kerja;
3.mengingkatkan kompetensi lulusan Teknik Mesin agar mampu bersaing antara lain
kemampuan berbahasa inggris, komputer dan kewirausahaan;
4. meningkatkan kualitas peralatan dan laboratorium, buku dan jurnal ilmiah di perpustakaan
5. meningkatkan kualitas sumberdaya manusia baik dosen, karyawan maupun staf laboratorium.

Sumber : edysofyan.community.undip.ac.id

Thanks for visit. Silakan tinggalkan komentar.. :

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes