Tidak Semua Ilmu di Bangku Kuliah Diaplikasikan di Dunia Kerja

Posted by

Perguruan tinggi adalah salah satu tempat untuk mengasah ilmu pada bidang keahlian tertentu sesuai dengan fakultas dan jurusan masing-masing. Berbagai mata kuliah dari mata kuliah umum hingga mata kuliah khusus dipelajari dengan tujuan agar setiap mahasiswa mampu menguasai disiplin ilmunya sebagai bekal di dunia kerja. Akan tetapi ternyata tidak semua mata kuliah yang kita pelajari akan kita aplikasikan sepenuhnya di dunia kerja nanti.

Ketika saya (Ismail Nur Hidayat) mengikuti kuliah umum yang diadakan di kampus saya Teknik Mesin UNDIP, saya mengambil kesimpulan bahwa tidak semua mata kuliah yang pelajari di bangku kuliah diaplikasikan di dunia kerja. Salah seorang pembicara yang sekarang bekerja pada bagian costumer assurance di PT. Showa Indonesia, mengatakan ketika ia bekerja pada bidang customer assurance tersebut bertugas menerima pelanggan, menghadapi keluhan pelanggan, meyakinkan pelanggan, serta menjadi gerbang informasi bagi para pelanggan. Sementara dari semua mata kuliah yang beliau pelajari saat kuliah hanya 3-4 yang dijadikan bahan interview.

Beberapa  dosen  saya di Teknik Mesin UNDIP juga menyampaikan bahwa tidak semua mata kuliah yang dipelajari di kampus akan diaplikasikan di dunia kerja. Kuliah khususnya bagi mahasiswa bidang keteknikan menjadi sarana untuk mengasah logika agar terlatih dalam menganalisa masalah dan menanganinya. Selain itu bangku kuliah adalah wadah untuk mengasah pengalaman dan kedewasaan melalui kehidupan kampus sebagai akademisi ataupun dalam organisasi.

Hal ini bukan berarti kita boleh begitu saja melupakan kuliah. Karena seperti yang saya uraikan di atas tadi kuliah sangat penting untuk mengembangkan diri kita agar siap saat terjun di dunia kerja. Jadi, kita sebagai mahasiswa Indonesia yang menjadi tulang punggung pembangunan Indonesia harus terus belajar dan berkarya. Hidup Mahasiswa...!

Share this article and get touch!

Demo Blog NJW V2 Updated at: 10.19

2 komentar:

  1. Setujuuuuu.
    benar-benar ane setuju.
    nitip link ya :
    http://riawandjack.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. betul, saya setuju dengan postingan ini...
    malahan, banyak lho pekerja yang bekerja di bidang yang bukan bidang perkuliahannya..

    nice post...

    BalasHapus