Tips Sehat Makan Daging Kurban

Posted by

Hari Raya Idhul Adha adalah satu dari dua hari raya umat Muslim. Pada setiap Hari Raya Kurban dan beberapa hari setelahnya banyak hidangan daging kambing atau sapi yang menggugah selera. Tetapi yang harus kita waspadai adalah akibat-akibat yang timbul apabila kita terlalu berlebihan menyantap hidangan-hidangan tersebut. Biasanya akan timbul berbagai macam penyakit dari diare, kolestrol yang naik, atau gejala-gejala ringan seperti sembelit. Tetapi kita tidak perlu khawatir karena banyak tips yang dapat kita lakukan.

Berikut beberapa tips yang saya bagikan agar kita tetap dapat menyantap daging kurban dengan sehat dan aman:

1. Jaga kehigienisan daging kurban
Kita wajib menjaga kebersihan pisau atau parang untuk menguliti daging kurban hingga wadah dan peralatan masak. Jangan membungkus daging kurban dengan plastik hitam karena plastik hitam sebaiknya hanya digunakan untuk benda-benda yang tidak langsung dimakan. Selain itu jangan campur daging kambing dengan jeroan. Pisahkan dan cuci secara terpisah.

2. Masak daging hingga matang
Hal ini untuk menghindari bakteri dan kuman yang dapat membahayakan kesehatan.

3. Hindari kekenyangan
Kontrol jumlah makanan yang kita asup sesuai dengan kapasitas lambung.

4. Hindari makanan lain yang juga berkolestrol
Usahakan untuk menghindari gorengan atau makanan yang manis-manis.

5. Hindari makan daging pada malam hari
Pada malam hari kita sangat sedikit melakukan aktivitas yang dapat membakar kalori sehingga kalori dari nasi dan daging yang kita makan hanya akan mengendap. Hindari juga kebiasaan langsung tidur setelah makan malam. Jarak minimal untuk tidur adalah 1 jam setelah makan.

6. Perbanyak minum air putih
Air putih dapat memperlancar pencernaan dan membantu membuang rancun-racun dalam tubuh.

7. Konsumsi buah dan sayur sebagai penyeimbang
Sayur dan buah dapat mengimbangi jumlah kalori yang masuk. Selain dapat memakan buah-buahan pencuci mulut kita juga dapat menyisipkan lalapan seperti mentimun atau tomat dalam hidangan kambing atau sapi.

8. Lakukan olahraga ringan
Olahraga berfungsi untuk membakar kalori dalam tubuh. Selain itu dengan berolahraga tubuh dapat kembali segar setelah lelah beraktivitas pada hari raya kurban.

Sekian tips dari saya, mari kita budayakaan hidup sehat dengan tetap dapat merayakan Idul Adha dengan penuh keceriaan.

Share this article and get touch!

Demo Blog NJW V2 Updated at: 21.53

2 komentar: