Minggu, 15 Januari 2012

Google Dapat Mempengaruhi Citra Indonesia di Mata Dunia

Percayakah anda jika peningkatan pengunjung ke suatu daerah atau pencitraan masyarakat asing terhadap Indonesia dapat dipengaruhi oleh google. Nyatanya hal inilah yang terjadi dan hampir pasti akan terus berlanjut. 

Misalnya saja saat terjadi bencana lumpur Lapindo, ketika orang mencari informasi melalui Google dengan menggunakan kata kunci kata kunci 'Sidoarjo', maka yang muncul pastilah mengenai bencana lumpur. Dan hal ini menimbulkan stigma negatif terhadap Sidoarjo secara keseluruhan. Orang menjadi takut ketika akan menetap atau hanya sekedar berkunjung ke Sidoarjo, terlebih lagi banyak berita yang mengatakan Sidoarjo akan tenggelam oleh lumpur. Padahal hanya sebagian kecil saja wilayah Sidoarjo yang terkena bencana Lumpur. Tentu saja promosi wisata dan produk lokal Sidoarjo terganggu atau bahkan lumpuh dengan berita-berita semacam ini. Sampai-sampai Bupati Sidoarjo ketika memberikan sambutan pada acara pertemuan blogger se-Nusantara di Sidoarjo Oktober 2011 lalu meminta para blogger untuk ikut mengembalikan citra Sidoarjo agar kembali baik di mata masuarakat melalui tulisan-tulisan blog.

Contoh lain yang membuat kepariwisataan Indonesia sangat jatuh di mata dunia adalah ketika terjadi Bom Bali. Ketika orang mencari informasi tentang Bali di Google, yang keluar adalah foto-foto kengerian Bom Bali beserta reruntuhan bangunan dan korban-koraban serangan bom tersebut. Hal ini berdampak pada penurunan minat wisatawan dunia berkunjung ke Indonesia khususnya Bali. Untung saja para ahli dalam hal SEO dapat mencitrakan kembali Bali seperti semula ke dunia maya melalui Google seerta usaha-usaha lain dari Pemerintah tentunya sehingga kepariwisataan Indonesia kembali normal.

Dengan banyaknya pengakses internet dan pengguna jasa search engine Google, maka Google menjadi unsur penting bagi dunia maya. Setiap orang hampir pasti mennggunakan Google saat mencari informasi mengenai dunia luar. Jadi mari bangun citra Indonesia ke dunia Luar melalui Google.

Thanks for visit. Silakan tinggalkan komentar.. :

2 komentar:

jimmy63 mengatakan...

semua media informasi dan sumber pengetahuan pastilah bisa menjatuhkan atau manaikan nama baik suatu negara

Rifal Jaelani mengatakan...

Google bekerja kan cuma berdasarkan algoritma mas, mungkin karna berita2 itu lagi paling sering muncul ya itu yang dikasih google, karna dia anggap relevan.. solusinya mungkin ya kita2 juga, pengguna internet (blogger) indonesia yang meramaikan lagi berita2 baiknya agar berita buruk tidak muncul dihalaman utama google.. :) #sotoy yah..

Blog saya

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes