Logo ITS Dibajak Perusahaan Rusia?

Posted by

Iseng-iseng mampir di situs DC Radio UNDIP, ada artikel menyebutkan bahwa logo ITS dibajak oleh sebuah perusahaan Rusia Inkom Teh Snab. Kedua logo memang sama persis. Yang membedakan hanya tulisan di samping kanan gambar logo utama dan wara logo.
Menurut pembuatnya, logo itu didesain sejak tahun 2004 dan baru disetujui dan diperkenalkan pada Hari Jadi ITS 10 November 2005. Dalam pengesahannya melibatkan seluruh stakeholder ITS mulai mahasiswa, rektorat hingga para alumni dimintai pendapat. Pada tahun 2009 logo tersebut telah dipatenkan oleh Direktorat HAKI ITS.

Baroto, pendisain logo tersebut mempertanyakan keseriusan situs yang memasang logo yang diduga hasil plagiarisme tersebut. Karena memang beredar situs-situs hoax di internet yang kerap menyebarkan berita-berita bohong dan sensasi lain. Akan tetapi ia meminta hal ini segera ditelusuri.

Setelah saya menelusiri di Google, ternyata ITS telah mengontak pihak perusahaan Inkom Teh Snab. Inkom Teh Snab mengaku terkejut dengan kemiripan logo tersebut. Mereka tidak mendesain logo perusahaan sendiri, melainkan memesan logo kepada sebuah perusahaan desain di Rusia. Dari konfirmasi perusahaan Rusia tersebut sepertinya telah muncul titik temu akar permasalahan kasus plagiarisme tersebut. Yang jelas gambat pada logo tersebut sebenarnya merepresetasikan Kota Surabaya dimana dalam logo tergambar tugu Surabaya. Sehingga logo tersebut lebih mewakili Kota Surabaya ketimbang Negeri Beruang Merah tesebut. Pihak Inkom Teh Snab pun akhirnya berjanji akan mengganti logo tersebut.

Sebenarnya saya mencari keberadaan situs Perusahaan Inkom Teh Snab, tapi saya tidak menemukan. Adakah diantara pembaca yang tahu keberadaan situs perusahaan tersebut?

Share this article and get touch!

Demo Blog NJW V2 Updated at: 11.31

1 komentar: