Sabtu, 07 Januari 2012

Mesin CNC (Computer Numerically Controlled)

Awal lahirnya mesin CNC (Computer Numerically Controlled) bermula dari 1952 yang dikembangkan oleh John Pearseon dari Institut Teknologi Massachusetts, atas nama Angkatan Udara Amerika Serikat. Semula proyek tersebut diperuntukkan untuk membuat benda kerja khusus yang rumit. Semula perangkat mesin CNC memerlukan biaya yang tinggi dan volume unit pengendali yang besar. Pada tahun 1973, mesin CNC masih sangat mahal sehingga masih sedikit perusahaan yang mempunyai keberanian dalam mempelopori investasi dalam teknologi ini. Dari tahun 1975, produksi mesin CNC mulai berkembang pesat. Perkembangan ini dipacu oleh perkembangan mikroprosesor, sehingga volume unit pengendali dapat lebih ringkas.

Ada dua jenis mesin CNC yang kita kenal. Yaitu mesin bubut CNC dan frais CNC. Mesin frais CNC merupakan sebuah terobosan yang dapat mengerjakan proses-proses permesinan dengan kualitas yang lebih baik, lebih praktis, akurat dan cepat dari pada mesin frais konvensional. Meskipun mesin frais CNC diprogram secara manual akan tetapi dapat bekerja secara otomatis setelah program ini dijalankan. Kita dituntut untuk bisa mengoperasikan mesin CNC untuk mengikuti perkembangan jaman karena mesin CNC sudah banyak digunakan dalam bidang industri.
            Beberapa perbedaan proses permesinan CNC dengan permesinan secara manual antara lain :
1.   Mesin perkakas CNC kerjanya lebih singkron dan lebih teliti dibandingkan mesin perkakas manual.
2. Mesin perkakas CNC dapat membuat produk secara otomatis dengan tenaga operasional yang ringan, serta dapat mengurangi risiko kecelakaan kerja.
3. Penggunaan mesin perkakas CNC dapat menghemat biaya produksi karena prosesnya yang lebih cepat, tepat, dan akurat dari pada mesin perkakas manual.
4. Pada proses permesinan CNC, dapat dilakukan produksi secara massal (dalam jumlah banyak) karena waktu produksinya yang singkat. Hal ini tidak bisa dilakukan dengan mesin manual.

Silahkan baca juga :
Mesin Frais CNC TU-3A
Mesin Bubut CNC TU-3A

Thanks for visit. Silakan tinggalkan komentar.. :

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes