IPK Tinggi Bukan Jaminan Mudah Dapat Kerja

Posted by


IPK atau indeks prestasi komulatif merupakan standar untuk mengukur kualitas mahasiswa dalam hal akademik. Penilaian berhasil atau tidaknya proses belajar di bangku kuliah selama 8 semester pun diukur melalui tinggi rendahnya IPK. Mahasiswa yang dikatakan berhasil jika memiliki IPK >3,00.

IPK atau indeks prestasi komulatif merupakan standar untuk mengukur kualitas mahasiswa dalam hal akademik. Penilaian berhasil atau tidaknya proses belajar di bangku kuliah selama 8 semester pun diukur melalui tinggi rendahnya IPK. Mahasiswa yang dikatakan berhasil jika memiliki nilai IPK >3,00.

IPK memang merupakan salah satu tolok ukur berhasil atau tidaknya seorang mahasiswa di dunia kerja. Namun IPK bukan satu-satunya tolok ukur. Masih ingatkah kita dengan salah satu adegan pada film 3 Idiots dimana Raju Rastolgi berhasil melalui tes wawancara dan berhasil diterima oleh salah satu perusahaan walaupun Raju selalu memperoleh nilai buruk di setiap mata kulliah. Bahkan di Amerika dari semua syarat yang dipertimbangkan untuk dapat diterima di dunia kerja IPK hanya menempati posisi ke-17.

Tetapi jangan berpikir dengan nilai IPK seadanya kita bisa dengan mudah melalui tes interview. Karena di Indonesia IPK masih menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan selain dari kampus mana calon pelamar kerja berasal, dan nilai akreditasi kampus yang bersangkutan.

IPK tinggi memungkinkan seorang pelamar kerja untuk dapat diterima di dunia kerja, akan tetapi dengan IPK rendah bukan berarti kita tidak akan sukses. Karena setelah diterima kerja kita tidak mengandalkan IPK untuk menjalani hari-hari di dunia kerja. Semoga bermanfaat!

Share this article and get touch!

Demo Blog NJW V2 Updated at: 10.25

7 komentar:

  1. Intinya adalah tidak pernah berhenti belajar untuk bisa berhasil. Lulus kuliah bukan berarti tidak pernah belajar lagi, justru belajar yang sesungguhnya sedang dimulai.

    Salam Kenal
    http://ftw1974.blogspot.com/2011/09/deway.html

    BalasHapus
  2. tetapi saya sudah memiliki banyak contoh lho, IPK tidak melulu menentukan karier seseorang... banyak yang IPK > 3,5 malah susah cari kerja.. bagaimana personality masing2 juga lho...


    salam,

    Stylish Generation

    BalasHapus
  3. Betul itu kk...Moga aja lulus kuliah bisa cpt dpt kerja ^^
    "makasih atas kunjunganx ke blog saya"
    http://juiceinmyhome.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Nice Info Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya :
    http://jasapembuatanskripsimurahsurabaya.blogspot.com/

    BalasHapus